Yi So-yeon, astronot pertama Korsel

Maret 11, 2008 yulikorsel

BBC INDONESIA.com

10 Maret, 2008 – Published 15:27 GMT

Korea Selatan mengumumkan insinyur perempuan sebagai astronot pertama dari negara tersebut setelah Rusia mengatakan calon sebelumnya, Ko San melanggar peraturan di pusat pelatihan luar angkasa.

Wanita bernama Yi So-yeon yang berusia 29 tahun akan dikirim ke stasiun luar angkasa bulan depan dalam misi pesawat luar angkasa Rusia, Soyuz. Para pejabat Korea Selatan mengecilkan pelanggaran ini, yang antara lain berupa memindahkan buku oanduan keluar lokasi pelatihan. Ko San juga pernah mengirim buku panduan pelatihan ke Korea Selatan, sesuatu yang ia katakan tidak disengaja.

Pada kesempatan lain dia menerima satu buku dari rekan sejawatnya dari Rusia yang seharusnya tidak boleh dia baca, kata Lee Sang-mok dari kementerian pendidikan, sains dan teknologi Korea Selatan.

Nasib Ko San

”Pihak Rusia menekankan pentingnya menaati peraturan karena kesalahan, betapapun kecilnya bisa berakibat fatal di ruang angkasa,” kata Lee. Ko San mengalahkan 36 ribu calon yang berharap menjadi orang Korea Selatan pertama di ruang angkasa. Dengan dana 20 juta dolar, pria berusia 31 tahun itu dikirim ke Badan Ruang Angkasa Federal Rusia untuk mengikuti latihan bagi misi roket Soyuz ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional awal April ini.

Namun setelah insiden yang disebut sebagai pelanggaran protokol, maka orang Korea Selatan pertama di ruang angkasa adalah perempuan. Ko akan diganti dengan cadangannya, Yi So Yeon. Pemerintah Korea Selatan menegaskan Ko akan tetap masuk dalam program pelatihan ruang Angkasa Rusia, walau kini dia menjadi astronot cadangan. Korea Selatan memiliki program ruang angkasa yang ambisius dengan mengembangkan peluncuran roket sendiri untuk mengirim satelit ke orbit rendah akhir tahun ini.

Entry Filed under: Weekly News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Maret 2008
S S R K J S M
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: