Jawaban UTS ICT

April 23, 2008 yulikorsel

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER

TAHUN AKADEMIK 2007/2008

MATA KULIAH

:

INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (CYBER IR)

SEMESTER / JURUSAN

:

VIII / HI

KELAS / PROGRAM

:

4HI-1 DAN 4 HI-2

HARI / TANGGAL

:

KAMIS / 24 APRIL 2008

DOSEN

:

H. BUDI MULYANA, S.IP

1. Resume Bagan

Kelompok Kawasan : Asia Timur

Nama Negara : Korea Selatan

Kapabilitas Politik Negara

Paham yang dianut

Uraian

Rincian

Uraian Rincian

Keterangan

Ideologi

Demokrasi

1)Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan yang lebih baik,2)anggota masyarakat memiliki kebebasan intelektual penuh, termasuk kebebasan berbicara, beragama dan kebebasan pers,3)pemerintah hanya mengatur kehidupan masyarakat secara terbatas,4)Keputusan yang dibuat hanya sedikit untuk rakyat sehingga rakyat dapat belajar membuat keputusan untuk diri sendiri.

Beberapa faktor terjadinya demokratisasi di Korsel : berhasilnya sosialisasi demokrasi di kalangan masyarakat; bertumbuhnya klas menengah yg orientasinya pd demokrasi; semakin mahalnya ongkos represi di tengah tuntutan akan demokrasi; munculnya kemauan politik rakyat untuk diakui dan diterima oleh komunitas dunia sebagai negara demokratis, status yang semakin penting bagi kelanjutan pertumbuhan ekonomi, dan adanya pengaruh dan tekanan eksternal terutama dari Amerika Serikat agar pemerintahan demokratis ditumbuhkan

Ekonomi dan Teknologi

Liberal

Perekonomian Korea Selatan sejak tahun 1960-an telah mencatat rekor perkembangan yang luar biasa. Perkembangan ini terutama ditentukan lewat integrasi negara ini kepada perekonomian dunia yang modern dan berteknologi tinggi.

Tiga tren utama yang diidentifikasikan akan memberikan efek positif kepada pertumbuhan industri Korea Selatan adalah:

1. Pendewasaan teknologi digital dan jaringan

2. Integrasi teknologi inter-disipliner

3. Kerjasama ekonomi antara Korea Selatan dan Korea Utara, yang pada tahun 2006 mencapai 1 milyar dollar AS

Contoh teknologi: teknologi nano, berupa kapsul, yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh manusia, untuk menyelidiki dan mengobati penyakit, khususnya kanker.

Demografi

Jumlah penduduk: 49,1 juta jiwa

Negara: Republik Korea (Korea Selatan)

Bahasa resmi: Korea
Nama resmi: Daehanminguk
Ibu kota: Seoul

Penduduk Korea adalah suatu masyarakat yang berasal dari satu etnik yang sama.

berasal dari etnik Tungusik yang merupakan keturunan dari orang Mongol yang bermigrasi ke Peninsula Korea dari Asia Tengah pada zaman dahulu.

Islam : 150.000

Buddha : 11,7 juta (24,6%)

Kristen : 9,3juta (19,3 %)

Mayoritas konfisius

Militer

Kekuatan total militer yang aktif adalah 687.700

Peluru kendali dgn jarak tempuh 500km dari prmukaan ke prmkaan (SSM)

AD : 560 ribu

AL : 63 ribu

AU : 64.700

Namun ada kekuatan total cadangan sekitar 4.5 juta

Kapal selam tenaga diesel(SSKs) Chang Boo: 9 buah, kapal perusak Okapi, 120 pesawat terbang

tank tipe 88,senjata bergerak otomatis baru tipe K-9 155mm, system peluncuran roket yang multiple (MLRS), termasuk sistem peluru kendali taktis AD (ATACMS), tiga satelit komersial, yaitu Mugunghwa 1, 2 dan 3

Kira-kira 37 ribu tentara Amerika juga berpangkalan di negara ini.

Geografi

LuasKorsel: 99.274km²,

Korea Selatan, adalah sebuah negara di Asia Timur yg meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Disebelah utara, berbataskan Korea Utara, dimana keduanya bersatu sbgai sebuah negara hingga 1948. Jepang berada di seberang Laut Jepang dan Selat Korea berada di bagian tenggara.

Keadaan topografinya sebagian besar bergunung-gunung dan tidak rata. Pegunungan di wilayah timur umumnya menjadi hulu sungai-sungai besar, seperti sungai Han dan sungai Naktong. Sementara wilayah barat merupakan bagian rendah yang terdiri dari daratan pantai yang berlumpur. Di wilayah barat dan selatan yang terdapat banyak teluk terdapat banyak pelabuhan yang baik seperti Incheon,Yeosu,Gimhae, dan Busan.

2. Weekly News

a. Kondisi yang terjadi di Korea selatan berdasarkan Weekly News

Korea Selatan mengalami berbagai kemajuan. Dalam bidang ekonomi berbagai sektor dalam industri mereka mencuat sebagai akibat agresitivitas dalam menyerap teknologi. Hal ini mereka lakukan dengan bermitra dengan berbagai perusahaan luar negeri. Sejak dekade 1980an, Lucky Goldstar Group bermitra dengan Hitachi (Jepang) dan dengan Siemens Jerman untuk Tele-electric. Goldstar Electric dengan NEC Jepang, dan lainnya. Demikian pula rintisan Samsung dengan Sumitomo. Di sektor otomotif, Hyundai, KIA, dan lainnya. Dibandingkan dengan Jepang, berbagai produk otomotif dan elektronika yang menjadi andalan Korsel, harga ekspor maupun yang dirakit di negara tujuan investasi sekitar 20% lebih murah, sekalipun dalam mutu teknologinya masih satu kelas di bawah Jepang.

Setelah pemilihan umum (pemilu) beberapa waktu lalu di Korea Selatan (Korsel) memunculkan tokoh baru, yakni Lee Myung-bak, Ketua Grand National Party yang menang dalam pemilu di negara itu. Banyak kebijakan-kebijakan barunya diantaranya untuk mencapai perjanjian perdagangan bebas, FTA dengan RRC dan Jepang secara terbatas. Kepala negara Korea Selatan ini menekankan, arti hubungan kerjasama 3 negara di wilayah Asia Timur Laut, Korea Selatan, RRC dan Jepang yang dapat menguasai jangkauan pasar internasional, berlandaskan FTA dan daya saing masing-masing. Menyinggung hubungan antar Korea, ia mengutamakan masalah kemanusiaan, termasuk kasus penculikan orang sipil termasuk warga Negara Jepang oleh Korea Utara pada masa silam.

Dalam bidang militer Korea Selatan sedang mempertimbangkan beberapa cara untuk berpartisipasi dalam sistem pertahanan rudal balistik yang dipimpin AS. Bentuk partisipasi tersebut termasuk Seoul akan menyediakan tempat peluncuran rudal, pembagian biaya penempatan sistem pertahanan rudal dalam di Korea Selatan, dan pembelian rudal canggih yang bisa dioperasikan dengan sistem BMD. Selain itu, dalam bidang teknologi diantaranya dengan mulai menerbitkan paspor elektronik yang mencantumkan informasi pribadi yang diberlakukan sejak tanggal 31 maret.

b. Kaitan antara kondisi di atas dengan kapabilitas negara Korsel dan alasan mengapa kondisi itu terjadi

Perekonomian yang maju dan teknologi yang semakin canggih salah satunya disebabkan oleh gaya manajemen perusahaan Korsel, baik yang berskala besar konglomerat “chaebol” maupun yang menengah dan kecil senantiasa mencerminkan nilai dan filosofi dasar yang mereka anut. Secara keseluruhan perusahaan memberi tekanan pada harmoni antar-manusia, rasa menyatu, kerjasama, pengabdian, sikap rajin kerja, orisinalitas dan kreativitas dan mengejar pembangunan pribadi. Selain itu, dalam ideologi dan sasaran bisnis, kejujuran, kredibilitas, efisiensi dan usaha meningkatkan mutu dan tanggung jawab menjadi acuan setiap karyawan mulai dari yang paling top sampai yang terendah.

Sekalipun tampak perbedaan dalam budaya dan asal usul dengan Jepang, tapi terdapat beberapa kesamaan, yaitu dalam arti kelangkaan Sumber Daya Alam (SDA), wilayah yang sempit, namun penduduk yang memiliki motivasi untuk belajar dan menggali ilmu pengetahuan dan keterampilan (skill). Dalam bidang manajemen teknologi, bahkan pernah terungkap semacam slogan “Kerjakan apa yang pernah dilakukan oleh Jepang, tapi lakukan dengan biaya lebih murah dan lebih cepat”. Antara harapan dan kenyataan senantiasa terdapat kesenjangan dan hal ini yang senantiasa dihadapi setiap bangsa termasuk korea Selatan. Kegagalan berarti mulai lagi dengan semangat baru.

Entry Filed under: Ujian ICT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: