Analisis Potensi Konflik di kawasan

Mei 27, 2008 yulikorsel

Sebenarnya ada beberapa negara yang berpotensi menjadi ancaman bagi Korea Selatan di kawasan Asia Timur seperti Jepang, China dan Korea Utara, namun yang paling berpotensi adalah Korea Utara.Ini dikarenakan sejak perang Korea yang belangsung pada tahun 1950-1953, Korea utara yang berbasis komunis melawan Korea Selatan yang berada di bawah Amerika Serikat. Meskipun pada akhirnya perang ini berakhir pada 27 Juli 1953 dengan persetujuan gencatan senjata yang ditandatangani Uni Soviet, Korea Utara dan Amerika Serikat, yang tidak ditandatangani Korsel. Walaupun jalan untuk memperbaiki hubungan, seperti dialog-dialog bahkan kerjasama ekonomi dilakukan, namun ketegangan di semenanjung Korea pun masih membekas.

Selain perbedaan ideologi dan dendam sejarah, program nuklir yang dijalankan Korea Utara berdampak pada memburuknya hubungan kedua Negara ini. Nuklir merupakan salah satu sumber daya terbesar yang dimiliki Korea Utara, karena menyangkut kemandirian pertahanan, politik dan ekonomi. Nuklir, salah satu kekuatan Korea Utara dapat menghancurkan negara terdekatnya dalam waktu singkat. Apalagi lagi, pengembangan rudal yang telah lama dilakukan oleh Korea Utara mampu menjangkau seluruh wilayah di Korea Selatan dan Jepang.

Amerika sangat bersemangat untuk menelanjangi fasilitas nuklir Korea Utara. Sebab sekutu-sekutu utamanya di daerah Asia Timur seperti Jepang dan Korea Selatan merasa terancam oleh perkembangan nuklir yang massive di Korea utara. Amerika juga tidak menginginkan ada negara lain, untuk mengembangkan nuklir untuk alasan apapun tanpa campur tangannya. Sebab, selama ini pengembangan nuklir yang dilakukan oleh Korea Utara sebagian besar mendapatkan bantuan dari Uni Soviet dan China. Ini adalah ambisi Amerika untuk mempertahankan kepentingannya di Asia Timur termasuk perlindungan terhadap keamanan negara-negara sekutu mereka.

Selain itu, kebijakan baru Seoul yang lebih tegas terhadap program nuklir Korea Utara yang membuat geram Korea Utara hingga akhirnya pyongyang melakukan dua uji coba peluru kendali dan mengusir beberapa pejabat Korea Selatan sebagai balasannya dan menuduh Seoul telah melanggar perbatasan lautnya. Ini membuat Korea Utara merupakan ancaman yang besar bagi Korea Selatan, karena apabila hubungan terus memburuk, maka kemungkinan konflik akan semakin besar.

Entry Filed under: Analisis Potensi Konflik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Mei 2008
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: